My Message

Followers

visitor

visitor counter

free counters

Page Rank

Ghadul Bashar

Thursday 20 May 2010


Assalamualaikum sobat..
hehehe biar lebih akrab, postingan kali ini berjudul Ghadul Bashar yang artinya menahan pandangan. Tapi pertama-tama saya ucapkan terimakasih untuk MR saya untuk materi kali ini, semoga amalan ilmu beliau mengalir dari yang membaca blog ini dan mengamalkannya.

Allah swt berfirman:

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat ".
QS. an-Nur (24) : 30

Ghadul bashar yaitu menundukkan pandangan mata dari hal-hal yang diharamkan Allah yaitu wanita atau laki-laki,baik dengan syahwat atau tidak.Terdapat 4 mahzab dalam Ghadul Bashar ini yaitu dari imam Maliki, imam Syafi'i, imam Hanafi dan imam Hambali. Melihat aurat wanita yang bukan mahram adalah haram kecuali dalam keadaan darurat.

Nah sebaiknya kita menjaga pandangan dari yang melalaikan diri dari Allah karena balasannya indah bagi mereka yang bisa menahan pandangan. menahan pandangan akan menutup satu pintu dari beberapa pintu jahanam, mensucikan hati dari pedih dan sakitnya penyesalan, dengan menundukkan pandangan akan melahirkan keteguhan hati,kekuatan dan keberanian.

Ada satu cerita, yaitu tentang Ali dan Fatimah mereka baru tahu kalau mereka saling menyukai satu sama lain setelah mereka menikah itu karena mereka saling menundukkan pandangan dan tidak menunjukkan perasaan masing-masing sebelum ada ikatan yang syah. Indahnya yah kalau kita mendapatkan jodoh yang bisa menundukkan pandangan dan tidak mengumbar perasaan mereka,hehhehe...

Oke cukup segitu dulu, semoga bermanfaat...wassalam teman-teman..

0 comments:

Post a Comment