My Message

Followers

visitor counter

free counters

Page Rank

Pengalaman Pertama Kuliah Di Luar Negeri

Monday, 28 December 2015


Aslm,

Hallo, hahaha pasti kalian kepo, pingin tahu pengalaman saya berkuliah di luar negeri. Yap, saya kuliah diluarnegeri tepatnya di Tsinghua University dan Peking University, tanpa biaya lho dan hanya 1 bulan saja hehehe. Dimana lagi bisa terwujudkan kuliah diluarnegeri dengan mengambil mata kuliah yang diminati kalau bukan di MOOC (Massive Open Online Course) untuk tahu apa itu MOOC bisa baca disini.

Baru -baru ini saya mengikuti beberapa mata kuliah di Coursera, Alison, EDX dan Udemy. Untuk EDX saya mendapatkan 2 sertifikat, untuk coursera saya gagal mendapatkan statement of accomplishment, pada Alison saya belum issued sertifikat karena berbayar, di mata kuliahUdemy saya sedang on progress. Mata kuliah yang berhasil mendapat sertifikat diantaranya T-SQL oleh Microsoft dari edX, Conversational English Skill oleh Tsinghua University dari edX, Mata kuliah yang gagal mendapat sertifikat yaitu Chinese for Beginner dari coursera, mata kuliah yang sudah selesai namun belum ada sertifikatnya yaitu English for Restaurant, hal ini karena untuk mendownload sertifikat harus membayar materi tersebut. Berikut sertifikat hasil kuliah online di edX 

Honor Code Certificate dari Tsinghua University oleh edX



Honor Code Certificate dari Microsoft oleh edX

Kamu mau ikutan juga? bisa banget, baca dulu yah mengenai MOOC lalu bisa klik dihalaman tersebut website yang kalian ingini berdasarkan mata kuliahnya atau pematerinya. Semoga bermanfaat :)

Kursus Online Gratis Luar Negeri Bersertifikat

Sunday, 27 December 2015

Aslm,

Halo blogers, kali ini saya ingin menulis salah satu aktivitas saya dirumah yaitu kursus online gratis luar negeri bersertifikat, alias MOOC (Massive Open Online Course). Banyak sekali kursus-kursus yang dapat kita ambil tanpa harus mengeluarkan uang, dari universitas bergengsi, menambah ilmu dan bersertifikat pula. Selain itu menurut saya bisa sekalian memperlancar bahasa inggris. beberapa situs yang menyediakan kursus online tersebut yaitu :
  • Udacity
Udacity merupakan organisasi pendidikan privat yang didirikan oleh Sebastian Thrun, David Stavens dan Mike Sokolsky, bertujuan untuk mendemokrasikan pendidikan. Pada udacity ini lebih kearah ITuntuk jurusan-jurusannya.
  •  Coursera
Adalah situs yang bekerjasama dengan universitas-universitas ternama di dunia. Disini kita dapat memperoleh sertifikat, cari saja yang tulisannya free karena sekarang materi-materi kursus coursera lebih banyak yang berbayar menurut saya. Namun jangan takut, kalau kita tidak ingin yang bayar maka tidak apa-apa bila ingin mempelajari materi tersebut.Nanti akan diberikan sertifikat statement of accomplishment. Bagi yang mengikuti coursera ini dinamakana Courserian.
  •  EDX
Sama dengan coursera, EDX juga bekerja sama dengan banyak universitas di luar negri. Bedanya dengan coursera menurut saya ada di jenis dan bentuk sertifikat, kalau di EDX ada 2 jenis sertifikat yaitu verified dan honour of code.
  • Udemy
Belajar di Udemy, selain bisa memperoleh materi kita juga berkesempatan untuk dapat mengisi materi namun pastinya dengan syarat-syarat tertentu dan materi kita pun dapat memperoleh pendapatan atas hasil orang-orang yang mengikuti materi tersebut. Ingin menjadi pengisi materinya? cobain aja udemy ini.
  •  Alison
Belajar di Alison, menurut pengalaman saya cukup bagus dan lumayan. Saya sendiri merasa mendapatkan ilmu. Di Alison ini kita dapat memilih subject materi yang diinginkan, Di alison selain ada materi juga ada testnya, kita bisa retake berkali-kali bila masih belum mencapai target. Bila sudah, maka kita akan memperoleh peluang memiliki sertifikat, namun sertifikatnya berbayar. Jangan takut, kita tetap dapat belajar di Alison tanpa harus menebus sertifikat. Lumayan bukan nambah ilmu dan memperlancar bahasa inggris kita.

Sebenarnya masih ada banyak sekali situs-situs sejenis ini, ada kuliahkita.com, Khanacademy, Memrise, Lessonpath, Open Yale Courses, BBC podcast dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat ya.

.



Kehidupan Baru Bersama CAPD

Monday, 30 November 2015

Aslm,

Saya mau menceritakan pengalaman saya sebagai penyandang alat CAPD (Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis). Singkat cerita saya merupakan pasien gagal ginjal atau pasien end stage renal disease bisa juga disebut pasien ginjal stadium akhir, beuuhh sereemm...Apakah penyakitnya seserem namanya? ternyata setelah dijalani malah lebih serem lagi teman-teman. Hehehe..apalagi saat operasi berlangsung, tangis yang tiada tara melesak dalam-dalam,Sungguh inilah ujian terbesar dalam hidup saya.

Rabu, 7 Oktober 2015 Saya menjalankan operasi pemasangan alat CAPD, dengan sebelumnya dari hari senin sudah dirawat inap di RSPAD Gatot Subroto, biaya semua ditanggung oleh BPJS. Bila memakai biaya sendiri, operasinya seharga 30 juta sedangkan cairan untuk cuci darah perbulan (120 cairan) sebesar 8juta, bisa dibayangkan kalau pakai biaya sendiri mungkin tidak sanggup, belum rawat inapnya belum konsultasinya dan belum resep obat-obatannya. Alhamdulilah ada BPJS walaupun sana sini ngantri, dan rawat inap kelas 1 jadi turun kelas 2 tapi ya sudahlah. Rabu itu saya operasi pukul 15.00 setelah sebelumnya dijadwal pukul 11.00 dan diharuskan puasa mulai pukul 00.00, selain puasa saya pun diberi obat pencuci perut dan lasix furosemide untuk mencuci perut dan menghilangkan bengkak-bengkak atau kelebihan cairan pada tubuh saya. Tubuh saya saat itu kondisinya lemas, pucat, bengkak di daerah kaki bila dipencet lama kembalinya. Harusnya sudah 1 tahun yang lalu saya cuci darah, tapi saya masih berikhtiar dengan jalan herbal, rupanya banyak masalah kesehatan tidak dapat dibendung, seperti makin lama makin sering bengkak, gatal seluruh badan akibat limbah dalam darah serta pucat dan lemas karena mengalami anemia.

Saat diruang operasi saya dibius lokal, dokter dan tim bedah lainnya membersihkan area perut saya, Sekarang telah terpasang selang atau kateter di perut saya, dan saya harus menjalankan dialisis setiap hari sebanyak 4kali untuk bertahan hidup. Kini saya tidak bisa lagi merasakan berenang, tidak bisa loncat loncat ataupun berlari, untuk travellingpun agak sulit, karena harus membawa cairan yang cukup berat dan memerlukan ruangan bersih untuk melakukan dialisis, namun itu semua saya syukuri. InsyaAllah ini bagian dari ujian Allah kepada saya. Untuk pasien gagal ginjal lainnya tetap semangat, InsyaAllah kalau kita ikhlas dan terus bersyukur lebih banyak maka sakit yang kita rasa ini tidaklah seberapa.


Pertarungan Abadi

Wednesday, 12 August 2015

Aslm bloggers..

Ijinkan saya membagi kisah akan pertarungan abadi saya. Kok pertarungan abadi? iyalah karena ujian ini sepertinya akan terus ada hingga saya mati, Wallahualam. Namun InsyaAllah saya ikhlas menjalaninya.Yang saya maksud pertarungan abadi bukanlah karena pertarungan saya melawan penyakit yang saya derita tapi akan ujian yang lain. Saya tidak memaksa teman-teman untuk mempercayainya, karena biasanya yang percaya hanya yang mengalami ujian ini juga. Pertarungan abadi itu adalah pertarungan melawan jin. Jin yang sering mendzalimi saya. Dalam islam, Allah menciptakan jin dan manusia untuk beribadah kepadaNya. Namun dalam hidup bisa jadi kita bertemu jin yang kafir dan menyesatkan manusia. Naah kebetulan saya terkena jin yang bandel,kafir nan suka mengganggu.Kalau kalian bertanya, bagaimana tahu kalau jin mengganggu? Dari mimpi, itu jawabannya. Kalau hanya sekali dua kali kita menganggap itu kebetulan, walaupun istilah kebetulan dalam islam itu tidak ada, tapi ini berkali-kali hingga detik ini. Dari mulai jin ini berkamuflase dengan beraneka bentuk yang bikin takut bin kaget hingga menampakkan diri dan nama kepada saya. Sudah puluhan kali mimpinya, dari yang sampai susah tidur sampai lari-lari ketakutan dalam mimpi sampai bertarung dalam mimpi.Kalau kalian sulit percaya, silahkan close saja cerita ini.

Akhirnya, saya ketemu polanya. Alhamdulilah sekian lama saya terkena ujian ini, saya jadi paham pola jin ini. Jin ini cukup cerdas, apa yang saya pandang atau bicarakan atau saya makan tanpa menyebut nama Allah akan dia kamuflasekan dalam bentuk mimpi untuk menakuti atau membuat saya kesengsem. Contoh : saya pernah makan suatu cemilan dimana lupa menyebut nama Allah, lalu malam saat saya lupa berdoa mimpi buruk pun datang mengiming imingi saya dengan cemilan kesukaan saya tersebut lalu ia mencekek saya dan menyuruh saya keluar islam. Begitu juga ketika saya membicarakan seseorang tanpa menyebut nama Allah, jin ini akan menampakkan diri dalam sifat jahat dengan berwajah seperti orang yang sedang saya obrolkan.Jin ini memiliki maksud membuat saya kafir? tahu dari mana?beberapa kali mimpinya menyuruh saya keluar islam, diapun tahu saya sakit dan sering mimpi agar saya sembuh caranya adalah keluar islam.

Qadarullah, ini takdir saya. Tadinya saya berpikir mungkin saya banyak dosa atau lemah iman sehingga bisa kena. Ya mungkin karena itu anggaplah begitu. tapi teman-teman kalau kalian ada yang terkena juga, jawabannya tidak sesempit itu. Saya mempelajari karakteristiknya setelah sekian lama. Nabi Muhammad pun pernah terkena sihir, bukan karena imannya yang lemah, akan tetapi bila sudah menjadi ujian maka hal itu tetap akan menimpa kita. Hanya pertolongan Allahlah kita bisa terlindung dariNya. Iman kita yang kuat itu merupakan salah satu tameng, tapi pertolongan Allahlah yang pertama. 

Saya pernah meyakini sepenuh hati bahwa saya sudah beriman, dengan kesombongan saya berkata bisa mengalahkan jin-jin yang sering mengganggu saya. Saya pernah merasa jin tidak akan berani karena saya rajin shalatnya, rupanya apa yang terjadi? malam mimpinya malah kocar kacir ketakutan. Walhasil nangislah saya kok masih begini juga, akhirnya saya berdoa dengan sebenar-benarnya dan minta ampun dan memohon pada Allah agar diberi kekuatan. Alhamdulilah saat saya mimpi, saya mulai sadar itu kamuflase jin dan saya berani untuk mencengkeramnya dan membacakan ayat. Bagi teman-teman yang terkena, dan masih kocar kacir saat mimpi, cobalah untuk berdoa pada Allah agar diberi kekuatan menangkap jin tersebut dan membacakan Ayat Allah. kalau dalam mimpi yang kalian ingat hanya Bismillah atau Allahuakbar, teriakkan saja dengan lantang, si jin akan hilang dengan sendirinya.

Ingat, bukan karena iman kita, kita dapat mencengkeramnya dan mulai tidak takut. Semata-mata itu karena Allah berikan pertolongan dan kekuatan. perbanyaklah beribadah. Karena meyakini berimana saja rupanya tidak cukup, perlu ada bukti dan itu dibuktikan dengan intensitas kita mengingat dan menyebut Allah, perbanyaklah membaca Alquran. Ini pertarungan abadi, si jin tidak datang kalau kita mengingat dan berlindung pada Allah, tapi sekalinya lengah, ia akan datang. Sekalinya pernah terkena, menurut saya akan abadi mengintai. Jangan pernah datangi dukun, karena tidak menyelesaikan. Lagi-lagi hanya karena pertolongan Allahlah ujian ini bisa selesai. Maka kejarlah rahmat dan cinta Allah itu.


Terimakasih
Ciputat, 13/09/2015

Masih Hidup Karena Doa Orangtua

Aslm bloggers..

Alhamdulilah hari ini saya masih bisa ngeblog dan menjalankan aktifitas seperti biasa, walaupun tidak senormal teman-teman. Menjelang episode akhir, rasanya pengen ninggalin jejak dalam bentuk tulisan. Walaupun sebenarnya belum tentu juga udah di akhir hidup, hanya saja perasaa nwaktu semakin menipis dan mendekat mulai nampak. Fisik yang makin menurun membuat saya merasa waktu kian menipis, Beberapa belakangan ini saya dirawat orangtua karena mereka melihat perubahan fisik saya, disinilah saya baru mengetahui bahwa sepertinya saya masih diberi kesempatan hidup karena doa orangtua. Saat saya datang, Papa bacakan ayat kursi sambil mengusap perut saya dimana ada sakit empedu, doa teriringi air mata dari papa dari bersuara sampai terisak-isak keluarlah air matanya. baru pertama kali saya melihat papa keluar air mata seperti anak kecil, bukan hanya 1 atau 2 tetes yang keluar tapi terus mengalir sampai bacaan selesai, saya sempat mau nangis juga tapi takut membuat keadaan makin haru jadi saya diam dan sebisa mungkin menahan air mata, sambil berdoa pada Allah untuk menyembuhkan saya dan kiranya Allah menakdirkan saya tidak sembuh mudah-mudahan Allah ijinkan saya meninggalkan dunia ini daripada menjadi ujian bagi keluarga.

Kadang saya bertanya-tanya mengapa Allah masih berikan saya kesempatan hidup padahal fisik sudah tidak tahan. Saya sebenarnya sudah merasa fisik saya sudah tidak kuat menahan,tapi nafas masih juga berhembus. Saya bingung, padahal nafas sudah megap-megap,tidur sudah susah, kadang tidak tidur, sering muntah, mual, pusing, memar karena peredaran darah yang tidak lancar, gatal-gatal karena tidak cuci darah dan beberapa kali tubuh ini terkena cobaan yang lain. Contohnya adalah pernah merasa kesakitan sekujur tubuh seakan-akan ada 50 orang memukul, hal ini terjadi saat saya batuk yang tak kunjung reda selama seminggu non stop, bayangkan seperti apa rasanya? ditambah ada sakit radang empedu dimana hanya bersin atau terguncang sedikit saja saya sudah kesakitan. Lalu ujian lain yaitu ditubruk ponakan sendiri hehehe, jadi saking semangatnya ponakan saya masih kecil kalau bertemu suka lari lalu datang memeluk dengan cara menubruk, ini biasa saja kalau lagi sehat tapi kalau kalian punya fisik seperti saya akan terasa sakit, saya sering mengerang ketika dia mulai menubruk, tapi ga bisa marah karna dia melakukan itu dengan sayang dan ketidaktahuannya.

Doa orang tua, itulah penyebabnya. Saya menyaksikan sendiri ikhtiar-ikhtiar orangtua dalam mempertahankan kehidupan saya. Mereka merawat dan mendoakan. Cara mereka mendoakan itu tidak main-main, mereka sering baca yasin untuk saya berjamaah tiap tahajud, orangtua sering dhuha, papa selalu ajak berjamaah. Kami pernah berjamaah berempat.Kadang shalat mereka dengan air mata dan sering lama sekali. Sering juga diutarakan betapa papa dan mama mati-matian meminta pada Allah agar saya disembuhkan. Ya Rab, aku hanya memohon kepadaMu agar Kau jaga orangtuaku dan memelihara mereka. Mudah-mudahan mereka selalu dalam Kasih sayangMu.

Teman-teman, berbaktilah kepada kedua orangtua kalian selagi mampu dan jangan menyakitinya.Saya merasa sedih karena belum bisa merawat dan membahagiakan mereka di hari tua karena keterbatasan saya, mudah-mudahan kisah saya ini bisa dijadikan pelajaran bahwa adalah beruntung masih memiliki kesempatan untuk berbakti. Begitu juga saya, sebisa mungkin akan berbakti walau dengan keterbatasan fisik.

Terimakasih
Ciputat, 13/09/2015

Rukiyah Syar'iyah Part 2 -Penyembuhan

Friday, 10 July 2015

Aslm teman-teman pembaca, di artikel kali ini mengenai tips atau cara-cara penyembuhan atau keluar dari ujian, dan ini tips-tips dari saya pribadi saja. Salah satunya yaitu dengan rukiyah syariah. Apa sih rukiyah syar'iyah ini? yaitu rukiyah yang dicontohkan oleh Rasulullah. Hati-hati dengan terjebak rukiyah syirkiyah yah, bedanya pada rukiyah syirkiyah biasanya memakai jin juga dan kadang suka diselewengkan ayat-ayat Alqurannya. Jadi rukiyah syirkiah ini syirik dan biasanya justru ada perjanjian antar jin, Biasanya jinnya siduruh pergi dulu seminggu, alias si pasien sembuh seminggu atau sebulan kemudian kambuh lagi setelahnya bahkan tambah parah.

Nah bagaimana cara penyembuhannya? Berikut tips dari saya :

1. Ikhlas menghadapi ujian ini, jalani dan jangan takut. Teman-teman ga sendiri.
2. Sering-sering melakukan rukiyah mandiri dengan cara membacakan ayat suci Alquran (Al Fatihah, Al-Ikhlas, Al-falaq, An-naas dan Ayat kursi) 3x diusapkan pada telapak tangan lalu sapukan pada seluruh tubuh. Lakukan setiap sebelum tidur dan setelah bangun.
4. Minta yang ahli rukiyah syariah untuk membantu rukiyah
3. Sering-seringlah membaca Alquran, khususnya untuk ayat membakar jin bila si jin bandel tidak mau diajak ke islam, saya rasa boleh kita bacakan ayat khusus untuk membakar jin. Ayat-ayat khusus untuk membakar Jin diantaranya : Al-araf :117-122, surat yunus 81,82, Thaha :68-70,
4. Bila hendak pergi ucapkan Bismillahi tawakaltu alallah La haula wala quwata illa billah
5. Jauhi maksiat, teman-teman tidak bisa melakukan pembentengan kalau masih melakukan maksiat atau meninggalkan kewajiban, maka proteksi bisa hilang lagi dan harus terus dibangun.
6. banyak berdzikir.
7. Sering memperdengarkan murottal ayat suci alquran (Ar Rahman, Al Baqarah, Al-jin dll)
8. Ambil 20 liter atau segalon atau seember air lalu bacakan ayat di n0.2 dan 3 lalu semprotkan dengan spray pada rumah, di setiap sudut ruangan. dan boleh mandi dengan air tersebut. lakukan setiap hari
9. Bila teman-teman membuang pembalut, makanan sisa atau menuang air panas,, makan, membuka baju, mandi, dan masuk kamar mandi ucapkan Bismillah.
10. Jangan memajang foto atau patung dirumah.taruhlah dalam album
11. Meminta Allah untuk menghadirkan jin ini dimimpi, agar teman-teman dapat mengontrol mimpi sendiri, adalah dengan berdoa kepada Allah meminta agar Allah membantu untuk menolong.
12. Bila jin sudah hadir dimimpi, pegang dulu jangan sampai ia lari, tangkap yang kuat lalu bacakan ayat suci alquran, bila teman-teman hanya hafal atau ingat alfatihah bacakan sampai si jin hilang atau lenyap.
13. Terus lakukan pembentengan diri, kebiasaan jin adalah sering keluar masuk atau datang dan pergi sesuka hati, Jangan pernah lengah, setiap teman-teman merasakan tidak ada gangguan, bisa jadi jinnya hanya sedang berdiam, menunggu kita lengah.

Sekian dulu tips dari saya,semoga bermanfaat :)




Rukiyah Syar'iyah Part 1- Gejala Gangguan Jin

Aslm, Postingan kali ini saya ingin membahas mengenai Rukiyah syariah. Postingan ini saya dedikasikan untuk teman-teman yang merasa ada keganjilan dalam hidupnya, atau sudah positif terkena ujian ini. Untuk pengalaman saya pribadi ada 1 halaman tersendiri, disini saya bener-bener ingin membagi ilmu mengenai gejala, cara penyembuhan dan pembentengan. So langsung aja yuk kita mulai...

Bila teman-teman merasakan beberapa gejala sebagai berikut, berarti positif terkena :
1. Gejala pada waktu tidur :
  1. Susah tidur malam, yaitu tidak bisa tidur kecuali setelah lama/bersusah payah
  2. Susah bangun, yaitu kebanyakan tidur sehingga tidak bisa melakukan ibadah –ibadah yang diinginkan
  3. Cemas, sering terbangun pada waktu malam
  4. Mimpi buruk, mimpi melihat sesuatu yang mengancamnya lalu ingin berteriak minta pertolongan tetapi tidak bisa
  5. Mimpi melihat berbagai binatang seperti : kucing, anjing, tikus, onta, kuda, monyet, serigala, harimau dll
  6. Bunyi gigi geraham beradu pada saat tidur
  7. Tertawa, menangis, teriak, mengomel pada saat tidur
  8. Merintih pada saat tidur
  9. Mimpi seolah-olah jatuh dari tempat yang sangat tinggi
  10. Berdiri dan berjalan dalam keadaan tidur dan tanpa kesadaran
  11. Mimpi berada dalam lingkungan pemakaman,didalam kuburan, tempat sampah atau jalan yang mengerikan
  12. Mimpi melihat orang aneh seperti tinggi sekali, pendek sekali, putih sekali, hitam sekali
  13. Mimpi sangat menyeramkan/melihat hantu
  14. Mimpi denga lawan jenis/sama jenis yang sam berkali-kali dan ingin bertemu dengan orang yang dimimpikan
  15. Mimpi seakan tertindih benda yang sangat berat ( Tidihan-bhs Jawa) dan sulit untuk melepaskan
  16. Mendengkur sangat keras
  17. Mimpi melihat/bertemu dengan keluarga yang sudah mati,melihat mayat
  18. Mimpi berada dalam abad lampau
  19. Mimpi terjadi peristiwa dan keesokan harinya terjadi peristiwa yang sama dalam mimpi
2. Gejala – gejala Pada wktu terjaga
  1. Sering was – was/ketakutan
  2. Suka marah – marah/ emosi tidak terkendali
  3. Dorongan kuat untuk bermaksiat
  4. Lesu dan malas sekali untuk beribadah
  5. Sulit sekali untuk khusu’ dalam sholat ( susah untuk mengingat sudah berapa rokat yang sudah kerjakan )
  6. Suka sekali menghayal, melamun, mengurung diri
  7. Selalu pusing tidak disebabkan oleh penyakit pada kedua mata, telinga, hidung, gigi, tenggorokan atau lambung
  8. Selalu berpaling dari dzikrullah, meninggalkan/meremehkan untuk menegakkan/melakukan sholat dan ketaatan yang lainnya
  9. Pikiran selalu linglung, selalu sedih tanpa sebab, jantung deg-degkan tanpa sebab,kesurupan
  10. Merasa ada yang mengikuti, mengejar ingin membunuh/mengancam, merasa akan kedatangan seseorang/beberapa orang, merasa akan dilamar seseorang, merasa ada yang mengajak bicara, mendengar bisikan – bisikan agar melakukan sesuatu ( membunuh, memperkosa/bersetubuh dengan anggota keluarga, memukul,bunuh diri dengan meloncat sungai/gedung bertingkat/melintasi rel kereta api diwaktu kereta api lewat)
  11. Sering mendengar orang memanggil namanya
  12. Sering mencium bau-bauan : wangi( kembang/bunga, menyan/dupa, busuk, anyir,dll )
  13. Melihat benda – benda seolah – olah bergerak, berputar, terbalik, miring
  14. Melakukan tindakan – tindakan yang aneh/konyol tanpa disadari
  15. tiba-tiba dapat meramal/membaca pikiran orang lain/mengetahui apa yang akan terjadi
  16. Cemas dan Paranoid ( takut yang berlebihan )
  17. Melihat penampakan makhluk halus atau merasakan keberadaan mekhluk halus
  18. Rasa sakit pada salah satu anggota badan namun setelah periksa ke dokter tidak terdapat penyakit secara medis/dokter tidak sanggup mengobatinya
Sumber : konsultasiruqiah.wordpress
Maaf ya teman-teman, saya copy paste tulisan, tapi saya rasa sumber diatas cukup mewakili untuk mengetahui gejala dari gangguan Jin. Bila kalian merasakan ada beberapa, boleh dikonsultasikan ke ahli rukiyah syar'iyah.