My Message

Followers

visitor

visitor counter

free counters

Page Rank

Masa Hidup serangga = Masa Hidup Manusia

Tuesday 7 June 2011


Aslm, tulisan kali ini terinspirasi dari sebuah blog, maka saya labelkan sebagai bajakan. karena tulisan yang saya tulis memang bajakan, tapi walau bajakan gaya bahasanya tetap jadi diri sendiri :) *aissshh shinta bisa aja ngelesnya hahaha...

Palingenia Longicauda atau yang dikena dengan nama Tisa's Flowe adalah spesies serangga purba. Spesies ini berasal dari 200juta tahun yang lalu. Tempat pemunculannya di Tisa River, atau sungai Tisa.Dimana setiap tahunnya serangga tersebut muncul dalam jumlah yang sangat besar. Hanya beberapa hari di bulan Juni setiap tahunnya Tisa's Flower lahir, kawin dan mati. Selama 3 jam saja semua berkahir, hidupnya sangat singkat namun indah. Serangga Palingenia Longicauda merupakan salah satu serangga "mayfly"yang terbesar di Eropa. Jenis serangga jantan panjangnya dapat mencapai 12 cm,dari kepala sampai ekor. Serangga ini berada pada masa larva selama 3 tahun. Selama 3 tahun tersebut, larva hanya berada di dasar sungai.

Serangga ini adalah serangga yang sensitive dengan polusi. Jika mereka berada di sebuah sungai, pastilah sungai tersebut merupakan sungai yang bersih. Disamping sebagai indicator lingkungan, serangga ini juga makanan yang bagus buat ikan, sehingga beberapa pemancing menggunakan serangga ini sebagai umpan pada pancing mereka.

ini perbandingan masa hidup serangga dengan manusia
buatlah rata-rata umur manusia 63 tahun, yang hasilnya adalah 544320 jam. 3 jam:544320 jam = 1:181440 artinya 1 jam kesempatan hidup serangga sama dengan 21 tahun lamanya manusia berkarya. atau 1 detik serangga sama dengan 50 jamnya manusia.

hm..dari uraian diatas, berarti hidup kita singkat banget yah..sebenernya saya juga udah tau kalau hidup manusia itu singkat, cuma setetes air diluasnya samudera seluruh dunia, cuma lagi-lagi saya sering lupa akan hal itu atau mungkin tau tapi kadang mengabaikan. Semoga cerita bajakan ini bisa terus ngingetin saya sama Allah :)

Allah bertanya: “Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?” Mereka menjawab: “Kami tinggal sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung.” Allah berfirman: “Kamu tidak tinggal melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui.” (QS. Al Mu’minuun, 23: 112-114)

semoga bermanfaat ya, sumbernya disini

salam semangat

Shinjan :D

0 comments:

Post a Comment