My Message

Followers

visitor

visitor counter

free counters

Page Rank

bab1 tugas bahasa indonesia

Sunday 6 June 2010

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Kesehatan dan kecantikan kulit merupakan dambaan bagi setiap orang. Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik dapat diperoleh dengan menjaga kecukupan gizi,berolahraga dan mengkonsumsi vitamin. Namun dijaga dari dalam saja tidaklah cukup tapi juga perlu perawatan dari luar. Perawatan dari luar contohnya dengan memakai lulur tradisional Bali yang terbuat dari bahan-bahan alami. Lulur tradisional Bali berkhasiat untuk mengangkat kotoran,menyegarkan dan meremajakan kulit.

Bali merupakan daerah tempat diproduksinya lulur tradisional tersebut. Walaupun berasal dari Bali, namun pemasaran lulur ini haruslah dapat menjangkau banyak daerah lain di Indonesia, sehingga lulur Bali dapat diketahui masyarakat luas. Pemasaran lulur Bali dapat dilakukan maksimal dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Perkembangan teknologi yang kini mulai maju dapat dimanfaatkan sebagai sarana memasarkan lulur tradisional Bali.

Dalam memasarkan lulur tradisional Bali, jenis pemasaran yang digunakan adalah dengan menggunakan website e-commerce yaitu perdagangan elektronik yang mencakup pemasaran, penjualan, pembelian barang melalui sistem elektronik seperti internet. Dimana website menyajikan kemudahan berbelanja dalam dunia maya daripada cara konvensional. Dari hasil pengamatan,beberapa website tidak menyertakan akun untuk pelanggan lama dan pelanggan baru yang belum memiliki akun dalam bertransaksi,tidak adanya kereta belanja yang menginformasikan barang yang dipesan, total harga dan jumlah barang dan tidak adanya artikel mengenai kesehatan dan kecatikan yang dapat menarik minat para konsumen. Seperti pada website www.shantispabali.com, www.borehbali.com, www.idabali.com, www.lulur.web.id dan lainnya.

Dengan menyikapi keadaan tersebut, maka pihak pembuat website merasa perlu untuk membuat website dengan konsep e-commerce yang baik.

1.2 RUANG LINGKUP

Dalam penulisan ilmiah ini aka dibahas tentang pendefinisian kebutuhan, perancangan dan pembuatan website penjualan lulur Bali yang menggunakan CMS (Content Management System) OScommerce yang berisikan informasi produk, harga produk berupa harga reseller serta eceran, artikel mengenai kesehatan dan kecantikan kulit dan cara pemesanan.

1.3 TUJUAN

Adapun tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah membuat sebuah website penjualan yang dapat digunakan untuk informasi kesehatan dan kecantikan kulit serta pemesanan lulur Bali dengan disediakannya harga eceran dan reseller yang dapat membantu konsumen untuk menjadi distributor.

1.4 METODE PENELITIAN

Studi pustaka yaitu dengan mempelajari literature yang ada hubungannya dengan masalah yang diamati.metodologi yang digunakan untuk membuat website ini yaitu dengan menggunakan metodologi SDLC (Software Development Life Cycle) adalah keseluruhan proses dalam membangun sistem melalui beberapa langkah. Dengan siklus SDLC, SDLC yang digunakan yaitu model waterfall yaitu model klasik yang sederhana dengan aliran system linier. Proses membangun web dibagi menjadi beberapa langkah.[1]

1.Requirement

Dalam tahapan ini dilakukan analisa kebutuhan. Analisa kebutuhan ini yaitu :

l Analisa Informasi

Mengenai informasi data yang akan menjadi data tetap dan data dinamis. Kategori informasi data tetap adalah profil, contact dan cara pemesanan. Sedangkan kategori data dinamis meliputi jenis persediaan produk, daftar harga, informasi artikel tips dan informasi dari masing-masing keunggulan produk.

l Analisa User

Mengkategorikan user yang digunakan dalam sistem informasi web. Yaitu admin, user pelanggan yaitu user yang telah memiliki akun dan user yang belum memiliki akun. Disini admin bertugas untuk mengupdate produk, artikel maupun mengolah database yang telah dibuat. Kemudian user pelanggan yang telah memiliki akun yaitu user yang dapat melakukan transaksi pembelian. Sedangkan bagi user yang belum memiliki akun dapat melakukan pendaftaran untuk dapat melanjutkan transaksi.

l Analisa Biaya dan Resiko

Dalam tahap ini diperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan seperti biaya maintenance ( membayar domain ke ISP) atau biaya kirim ke user. Resiko yang terjadi adalah tidak sampainya produk ke user atau penipuan dari user.

2. Specification

Aplikasi ini akan dibuat menggunakan CMS (Content Management System) Oscommerce (Open Source commerce) dengan MySQL sebagai databasenya. Alasan menggunakan OScommerce karena kemudahannya dalam melakukan transaksi dan khusus untuk menangani bidang penjualan atau e-commerce. Digunakan database MySQL karena bersifat open source dan database yang paling banyak didukung oleh webhosting.

3. Design

Pada tahap ini akan dibuat ERD dengan pelanggan, barang dan supplier sebagai entitasnya serta menentukan atribut apa saja yang akan digunakan pada masing-masing entitas tersebut. Setelah ERD terbentuk maka akan dinormalisasi mulai dari bentuk pertama sampai ketiga, serta membuat database yang nantinya akan dibuat menggunakan MySQL. Pada fase ini juga dibuat struktur navigasi campuran untuk user dan admin yang merupakan gabungan dari struktur navigasi linier, hirarki, dan non linier. Alasan menggunakan struktur ini karena struktur navigasi campuran bersifat bebas, maksudnya adalah jika tampilan membutuhkan percabangan maka akan dibuat percabangan.

4. Implementation

Selama tahap ini desain perangkat lunak disadari sebagai sebuah program lengkap atau unit program. Desain yang telah disetujui, diubah dalam bentuk kode-kode program. Pada fase ini dituliskan kode program untuk membuat web yang didalamnya berisi menu-menu yang dibutuhkan seperti menu Home, Informasi, Shopping Cart, Checkout, dan lain sebagainya. Selain itu juga membuat database yang diantaranya berisi 4 table.

5. Integration

Unit program diintegrasikan dan diuji menjadi sistem yang lengkap untuk meyakinkan bahwa persyaratan perangkat lunak telah dipenuhi. Melakukan proses upload site dan seluruh isinya setelah sebelumnya memastikan telah mendaftar sebuah domain dan server pada penyedia jasa web hosting gratis. Domain yang digunakan bersifat gratis yaitu http://www.co.cc/ begitu juga web hosting yaitu http://www.000webhost.com/. Setelah itu melakukan check-up sekali untuk memastikan semua link, gambar, dan proses pembacaan database telah benar-benar terbaca. Jika semua telah berjalan lancar barulah dilakukan proses upload site ke server web hosting sampai proses selesai. Setelah itu melakukan check-up pada aplikasi yang telah di upload tadi. Jika pada jendela browser internet masih ada kesalahan, misalnya gambar tidak tampil, link tidak berfungsi, dan lain sebagainya, maka akan dilakukan pengeditan file yang ada pada site lokal, dan melakukan kembali upload file yang telah di edit sampai aplikasi berjalan dengan baik dan benar.

6. Operation mode & retirement

Sistem dipasang dan digunakan. Pemeliharaan termasuk pembetulan kesalahan yang tidak ditemukan pada langkah sebelumnya. Perbaikan implementasi unit sistem dan peningkatan jasa system sebagai kebutuhan baru ditemukan. Pada fase ini aplikasi yang telah siap dipakai akan diterapkan langsung oleh pihak pembuat website kepada user atau pelanggan. Aplikasi yang telah diterapkan akan terus di check serta dapat diubah dan diperluas sesuai dengan perkembangan, analisis, dan kebutuhan dari pihak penjual dan pelanggan.

1.7 SISTEMATIKA PENULISAN

Dalam penulisan ini, sistematika penulisan disusun dalam beberapa bab dan tiap-tiap bab terdiri dari sub-sub bab.Untuk memberi gambaran yang lebih jelas, maka akan diuraikan secara singkat mengenai materi dari bab-bab dalam penulisan ini yaitu sebagai berikut.

Pada bab 1 Pendahuluan berisi latar belakang masalah yang mendasari pembuatan penulisan ilmiah, batasan masalah yang akan dibahas, tujuan penulisan yang hendak dicapai dengan adanya penulisan ilmiah ini, metode penelitian berupa data yang dibutuhkan serta sistematika penulisan untuk mempermudah pembaca dalam memahami penulisan ilmiah ini. Dalam hal ini menjelaskan hal-hal apa saja yang menjadi masalah, hal apa saja yang akan dibahas pada penulisan ilmiah ini, tujuan dalam pembuatan aplikasi berbasis web ini, dan metode penulisan yang berlandaskan pada SDLC (System Development Life Cycle) yang menggunakan model waterfall meliputi 6 fase yaitu requirement, spesification, design, implementation, integration dan operation mode & retiremnet.

Pada Bab 2 yaitu tinjauan pustaka. Dalam bab ini akan dibahas mengenai teori-teori yang melandasi pembuatan serta perancangan website. Teori – teori yang dibahas yaitu mengenai teori CMS (Content Management System) OScommerce, XAMPP sebagai web server dan Mysql sebagai databasenya dengan perancangan konsep e-commerce mengunakan shopping cart sehingga web penjualan menjadi efektif dan efisien dalam menyajikan penjualan barang.

Pada Bab 3 yaitu mengenai perancangan dan pembahasan. Dalam bab ini dijelaskan mengenai perancangan suatu website yang akan dibuat dan desain web yang akan mendeskripsikan web tersebut. Pembahasan menguraikan tentang langkah-langkah pembuatan website penjualan lulur online. Dimulai dari pembuatan konsep pemesanan barang secara online, pembuatan struktur navigasi, rancangan basis data berupa pembuatan tabel-tabel yang diperlukan beserta atributnya, rancangan tampilan, proses instalasi software, menjelaskan hardware dan software yang digunakan.

Pada Bab 4 yaitu kesimpulan dan saran dari hasil penulisan untuk penyempurnaan dan pengembangan di masa mendatang.

0 comments:

Post a Comment